pedagang-pasar-masih-ragu-terkait-program-minyak-goreng-kemasan-sederhana-dapat-berjalan-mulus

SmashNews - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) meragukan program minyak goreng kemasan sederhana merek Minyakita dapat dibanderol Rp14.000 di seluruh Indonesia dapat berjalan mulus. Ahmad Choirul Furqon selaku Wakasekjen DPP IKAPPI, mengungkapkan, program tersebut bisa saja direalisasikan dengan baik asalkan permasalahan di bagian atas dapat terselesaikan dengan baik.



"Kami dari IKAPPI sebenarnya menyambut baik adanya program Minyakita ini, namun jujur kita memiliki keraguan apabila masalah utama (hulu) tidak terselesaikan," ujar Ahmad Choirul Furqon, Kamis (7/7). Menurut, Choirul masalah utama yang harus diselesaikan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag), ialah rantai distribusi.



"Terdapat masalah utama, yaitu rantai distribusi yang sangat ruwet, ini harus diatasi secara tepat dan akurat. Jangan sampai program sudah disusun secara proporsional menurut Kementerian Perdagangan namun masalah di bawah dalam hal ini rantai distribusi tidak diberikan atensi," ujar Furqon.

Bukan hanya itu, dia mengingatkan pemerintah untuk jangan berharap program ini berjalan lancar apabila mafia distribusi masih beroperasi.



"Jangan sampai pemerintah saat ini hanya selalu memberikan angin segar kepada masyarakat. Seakan mereka sudah memberikan angin segar kepada masyarakat berupa terobosan program namun acuh terhadap pemain tengah yang sebenarnya juga harus dikondisikan oleh pemerintah, yaitu distributor besar," ujarnya.



Tak Adanya Jaminan Harga Rata di Seluruh Indonesia

IKAPPI menilai tidak ada yang bisa memberi garansi harga minyak goreng kemasan sederhana tersebut sampai ke pedagang sesuai dengan harapan pemerintah.



"Tidak ada satupun yang bisa menggaransi harga seluruh Indonesia Rp14.000. wilayah Papua, Maluku, Bali itu masih terkendala distribusi yang mahal. Dan wilayah tersebut harus diperhatikan juga oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian perdagangan," tuturnya.



DPP IKAPPI juga menambahkan bahwa dalam hal ini Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan harus tegas dan taktis, jangan lip service. "Kami sangat berharap Mendag, Zulhas benar-benar memberikan perhatian kepada masyarakat soal harga minyak. Jangan sampai hanya lip service dan sekedar memberikan angin segar. Kami para pedagang sangat bergantung dengan kebijakan beliau," ujarnya.



Akan tetapi demikian, dia pmempercayai Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan miliki kapabilitas yang mumpuni sebagai seorang Menteri.




"Kami percaya Bapak Zulkifli Hasan memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni, dengan pengalaman beliau sebagai sosok policy maker selama ini, harusnya dengan mudah bertindak secara tegas dalam pembuatan kebijakan," tutupnya.

 




Sumber : Liputan6.com

Mungkin Anda Suka