jokowi-heran-lihat-harga-mangga-di-pasar-petisah-mahal-begini-ujar-pedagang

Medan - Presiden Jokowi didampingi Iriana Jokowi menyapa para pedagang di Pasar Petisah Medan, Kamis (7/7). Pada kunjungan tersebut, Jokowi memborong dagangan milik pedagang asongan, sayur, sate hingga buah. Jokowi juga menyempatkan berdialog dengan sejumlah pedagang. Dia menanyakan keluhan apa saja yang dialami pedagang. Tak lupa, Jokowi dan Iriana juga membeli buah mangga, kweni, jagung, jambu merah, dan sayur mayur.


Salah seorang pedagang bernama Nikah cukup beruntung. Sebab dia bisa berdialog langsung dengan orang nomor satu di Indonesia itu. Nikah mengaku sempat  grogi dan gemetaran saat disambangi.


"Senang kali lah. Senangnya gak terbilang lagi sampai gemetaran melihat Bapak Jokowi. Saya bilang terima kasih kepada Pak Jokowi," ujarnya.


Nikah menceritakan saat Jokowi dan Iriana menanyakan harga buah dagangannya. Jokowi, sempat heran dengan harga buah mangga yang dijualnya Rp20 ribu per kilogram.


"Ibu (Iriana) bertanya ini berapa harganya. Kubilang 20 ribu (kg). Mahal ya kata bapak itu (Jokowi). Terus dibelinya dikasihnya duit Rp200 ribu. Bapak cuma beli 3 kg. Harganya Rp60 ribu, tapi saya malah dikasihnya Rp 200 ribu," ujar Nikah.


Nikah berharap dengan kunjungan Presiden Jokowi - Irina Jokowi beserta Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Pasar Petisah dapat menjawab langsung keluhan dari para pedagang.


"Mudah-mudahan setelah datang Bapak Jokowi, usaha kami lebih lancar lagi ke depannya. Saya berharap Bapak Jokowi sehat dan bisa datang lagi ke mari," ujarnya.


Pengalaman serupa juga diceritakan pedagang sayur lainnya bernama Sofiana Sembiring. Dia bersyukur bisa berdialog dengan Presiden Jokowi. Wanita ini juga tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyampaikan keluhannya seperti daya beli masyarakat berkurang selama Covid -19.


"Saya juga sampaikan supaya presiden bisa menstabilkan harga - harga barang kita karena daya beli masyarakat sangat menurun," ungkapnya.


Sofiana mengaku Presiden Jokowi sempat kaget dengan harga jagung yang dijualnya Rp4.000 per buah. Walaupun begitu, Jokowi malahan memborong dagangannya.


"Bapak Jokowi tadi nanya jagung harganya berapa, kujawab Rp 4 ribu satu biji. Lalu saya bilang ambil semua. Saat kutimbang, bapak nanya kok ditimbang. Jadi saya jawab kalau satu biji Rp 4 ribu. Saya bilang ditimbang lebih murah. Harganya Rp32 Ribu, tapi dikasih bapak Rp 200 ribu," ujarnya.


Di tempat tersebut, Presiden Jokowi juga menyambangi warga penerima bantuan sosial seperti Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat penerima manfaat dan pedagang.


Bukan hanya memberikan bantuan sosial kepada pedagang, Jokowi juga memberikan bantuan tunai kepada para abang becak motor. Selain ke Pasar Petisah, Jokowi melanjutkan menyambangi pedagang di pusat pasar.




Sumber : CNN Ekonomi

Mungkin Anda Suka