5-tips-supaya-makan-burger-tidak-belepotan

SmashNews - Burger yang juicy memang nikmat disantap. Pada saat menyantapnya, seringkali isinya keluar dan berantakan. Berikut 5 tips makan burger agar tak berantakan. Burger merupakan hidangan yang populer dari Amerika. Berupa roti bun yang disajikan seperti sandwich dengan isian beragam, seperti patty beef, keju, sayuran, dan aneka saus.


Ada beberapa ciri burger yang enak. Mulai dari roti bun yang lembut, isian sayurnya masih segar, hingga tekstur daging patty yang super juicy.


Setiap menyantap burger, pasti akan membuat area mulut menjadi belepotan. Karena isian burger yang penuh membuat isiannya mudah keluar saat digigit.


Dilansir dari Food NDTV, berikut 5 tips makan burger yang benar:

1. Membalik Posisi Burger

Biasanya saat menyantap burger, posisi roti bun yang agak kecokelatan dengan taburan wijen berada di posisi atas atau depan. Namun ternyata posisi tersebut membuat burger menjadi berantakan ketika disantap.


Sebaliknya, kamu harus melakukannya dengan posisi terbalik. Posisi roti bun yang kecokelatan dan terdapat wijen jadi di bawah. Kemudian, kamu bisa memegangnya dengan kuat dan menyantapnya.


Cara ini sudah terbukti benar dan membuat isian burger tak berantakan. Hal ini diungkapkan oleh Simon Dukes, pendiri blog Burger Lad, seperti yang dikutip dari Wolipop (27/4/20).


"Bagian crown (sisi atas roti) umumnya lebih tebal (karenanya lebih kuat) daripada bagian bawah, jadi agar mendapat pengalaman bersantap burger yang lebih baik, kamu harus membaliknya saat makan," ujar Dukes.


2. Bungkus Burger

Ketika membeli burger dari restoran atau kafe pasti akan dibungkus dengan kertas minyak. Agar tak berantakan saat menyantapnya, jangan buang kertas tersebut.


Biarkan kertas minyak itu membungkus burger untuk menyerap jus atau topping yang mungkin keluar dari tempatnya. Kalau menyantap burger di rumah, kamu bisa menggunakan serbet tebal atau tissue dapur untuk membungkus burger tersebut.


3. Gigitan Kecil

Meski sudah mengetahui cara menggenggam burger yang benar, teknik menggigitnya juga perlu diperhatikan. Mulailah dengan gigitan kecil, karena memungkinkan dapat mengontrol burger dan mencegah saus dan isian lainnya keluar.


Gigitan besar saat menyantap burger kemungkinan akan membuat semua isian berjatuhan dan berantakan, tidak rapi seperti yang diinginkan.


4. Pilih Roti

Roti bun yang biasa disajikan untuk burger kebanyakan hanya dibelah menjadi dua dan tidak dipanggang. Ternyata roti bun yang biasa tersebut lebih rentan menyerap semua jus dari patty dan roti menjadi lembek.

Sebaiknya minta roti bun untuk dipanggang terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu lama, hanya sekitar 20 hingga 30 detik. Hal tersebut akan membuat roti bun kurang menyerap jus dari patty dan teksturnya lebih renyah.


5. Potong Burger

Ukuran burger memang cukup besar dan sulit untuk disantap dalam satu gigitan. Saat kesulitan menggigit burger, kamu bisa memotongnya dengan ukuran yang lebih kecil.


Karena burger berbentuk bundar, kamu bisa memotong menjadi dua atau empat bagian. Pastikan semua isian burger terpotong secara merata. Sehingga kamu tidak melewatkan kelezatannya di setiap suapan.




Sumber : Detik Food

Mungkin Anda Suka