Notification

×

Iklan

Habitat Lutung Jawa di Tlekung Kota Batu Terancam Punah

19 Sep 2024 | September 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-19T03:17:17Z
Lutung Jawa. Foto: antara


Batu -  Habitat lutung Jawa (Trachypithecus Auratus) di kawasan hutan lindung Tlekung, Kota Batu, terancam punah akibat perubahan fungsi hutan lindung menjadi lahan pertanian.


Hal tersebut dilaporkan oleh Pro Fauna Indonesia setelah timnya menemukan sekitar 1,5 hektare dari hutan lindung telah diubah menjadi area pertanian.


Dikutip dari BeritaSatu.com Kamis (19/9/2024), Ekolog Pro Fauna Indonesia, Rosek Nursahid mengungkapkan, temuan timnya pada Agustus 2024 menunjukkan sekitar 1,5 hektare dari hutan lindung berubah menjadi area pertanian.


Kawasan Hutan Lindung di Tlekung, Kota Batu, Jawa Timur, yang beralih fungsi menjadi lahan pertanian Tembakau dan Bentul. Foto: Pro Fauna Indonesia


Masih kata Rosek, di sekitar hutan ini terdapat tiga kelompok lutung Jawa, masing-masing dengan populasi lima hingga tujuh ekor.


Dijelaskannya pula, selain mengancam kelangsungan hidup lutung Jawa, perambahan hutan lindung ini juga berpotensi mengancam sumber air yang dekat dengan hutan. 


"Habitat lutung Jawa sangat bergantung pada keberadaan pohon-pohon di hutan sebagai tempat tinggal. Mereka memakan daun-daun pohon yang ada di hutan dan sangat sensitif terhadap kerusakan habitat atau kehadiran manusia," pungkas Rosek. (red)

×
Berita Terbaru Update