Notification

×

Iklan

Kebakaran di Gunung Bathok Warnai Perayaan Yadnya Kasada

22 Jun 2024 | Juni 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-22T14:12:04Z
Petugas BPBD Kab. Probolinggo berusaha melokalisir area yang terbakar. Foto: BNPB


Probolinggo - Perayaan Yadnya Kasada 2024 oleh Suku Tengger, diwarnai oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS).


Dijelaskan Aries Setiawan, petugas BPBD Kabupaten Probolinggo, semak-semak dan rumput di sebagian Gunung Bathok, yang berada di belakang Pura Agung terbakar.


"Kalau kemunculan api itu sendiri disinyalir pada pagi hari, sekitar pukul 05.00 WIB, tepat ketika prosesi umat hindu merayakan ritual Kasada," terangnya.


"Kebakaran mulai tampak ketika warga suku Tengger sedang melakukan tahapan larung sesaji di bibir kawah," katanya, pada sabtu (22/6/2024).


Seketika itu pula, dari BPBD menuju lokasi kebakaran untuk melakukan proses pemadaman.


"Kami berupaya memadamkan api dengan gebyok, sabit, dan beberapa mobil tangki untuk memadamkan api, dan agar api tidak sampai meluas," ungkapnya.


Di tempat terpisah, Kades Ngadisari sekaligus dukun Pandita, Sunaryono mengatakan jika kebakaran di gunung Bathok tidak membuat prosesi upacara Yadnya Kasada terganggu.


"Ya beruntung kebakaran itu tidak sampai mengganggu proses ritual kasada ini, saya sejak semalam hingga saat ini di Pura Agung, merasa tidak terganggu oleh kejadian tersebut," pungkasnya. (her)

×
Berita Terbaru Update