Notification

×

Iklan

Embun Upas Mulai Bermunculan di Kawasan Gunung Bromo

23 Jun 2024 | Juni 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-23T10:56:23Z
Embun upas menyelimuti tanaman. Foto: ist


Probolinggo - Fenomena bunga es atau embun upas mulai muncul di sejumlah kawasan Gunung Bromo. Beberapa bagian dari kawasan Gunung Bromo yang diselimuti embun upas yakni area savana dan lautan pasir.


Selain itu, embun upas atau frost juga terlihat di beberapa lahan perkebunan yang terletak di area sekitar Gunung Bromo. Hal tersebut terlihat dari tanaman yang sebelumnya berwarna hijau itu, tampak tertutupi dengan salju berwarna putih tipis. 


Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani membenarkan mulai bermunculannya embun upas atau frost. "Benar, karena sudah mulai masuk musim dingin. Embun upas sudah ada sejak beberapa hari lalu," kata Septi Eka Wardhani, Minggu (23/6/2024).


Ia lantas mengungkap bahwa munculnya fenomena ini tidak terjadi setiap hari. "Kemunculannya bergantung pada kondisi suhu dan cuaca yang ada di kawasan Gunung Bromo," terangnya.


Fenomena embun upas atau frost memang kerap muncul saat memasuki musim kemarau di kawasan Gunung Bromo. Suhu udara yang dingin mencapai angka 8 -12 derajat saat siang hari. Sedangkan jika pada malam hingga pagi suhu mencapai 0 - 7 derajat celcius, diduga menjadi penyebab munculnya embun upas. (her)

×
Berita Terbaru Update